Kamis, 22 Januari 2009

teori pasar

Pasar Persaingan Sempurna

Jenis pasar persaingan sempurna terjadi ketika jumlah produsen sangat banyak sekali dengan memproduksi produk yang sejenis dan mirip dengan jumlah konsumen yang banyak. Contoh produknya adalah seperti beras, gandum, batubara, kentang, dan lain-lain. Sifat-sifat pasar persaingan sempurna :

ü Jumlah penjual dan pembeli banyak

ü Barang yang dijual sejenis, serupa dan mirip satu sama lain

ü Penjual bersifat pengambil harga (price taker)

ü Harga ditentukan mekanisme pasar permintaan dan penawaran (demand and supply)

ü Posisi tawar konsumen kuat

ü Sulit memperoleh keuntungan di atas rata-rata

ü Sensitif terhadap perubahan harga

ü Mudah untuk masuk dan keluar dari pasar

Penentuan keseimbangan dalam pasar persaingan sempurna akan terjadi apabila penerimaan marjinal (Marginal Revenue, MR) adalah sama dengan biaya marjinal (Marginal Cost, MC). Perusahaan akan mendapatkan laba lebih (excess profit) apabila kurva permintaan semakin tinggi dari titik minimum biaya total rata-rata (Average Total Cost, ATC). Keadaan ini tentunya akan menarik perusahaan lain masuk pasar, akibatnya keseimbangan yang stabil terjadi pada titik terendah ATC di mana pada kondisi ini tidak terjadi entry dan exit, sedangkan semua perusahaan mendapatkan laba normal (normal profit). Menurut beberapa pendapat keadaan ini tidak realistis

Pasar Persaingan Tidak Sempura

Struktur pasar persaingan tidak sempurna didasarkan pemikiran Pierro Sraffa dan Joan Robinson serta Chamberlain pada tahun 1930-an. Sraffa menulis buku The law of Return Under Competitive Condition, sedangkan Joan Robinson menulis The Theory of Monopolistic Competition pada tahun 1933.

Asumsi-asumsi yang mendasari pasar persaingan tidak sempurna, yaitu penetapan pajak secara sepihak, sumbangan lainnya dari Robinson adalah mengenai eksploitasi tenaga kerja. Robinson dipengaruhi oleh aliran sosial dan berpendapat setiap pekerja harus dibayar sesuai dengan produktivitasnya marjinalnya.

Keseimbangan dalam pasar persaingan tidak sempurna dapat terjadi pada beberapa titik, yaitu pada saat ATC menurun, minimum atau menarik. Namun, keadaan yang lazim terjadi adalah pada saat ATC menurun dan hal ini disebabkan, antara lain oleh diferensiasi produk, under capacity, iklan dan kelembagaan. karena kondisi struktur pasar persaingan sempurna yang disyaratkan tidak lagi dijumpai dalam kenyataan. Justru persaingan yang tidak sempurnalah (monopoli, oligopoli, monopolistik) yang sering ditemui

a) Pasar Monopolistik

Struktur pasar monopolistik terjadi manakala jumlah produsen atau penjual banyak dengan produk yang serupa/sejenis, namun di mana konsumen produk tersebut berbeda-beda antara produsen yang satu dengan yang lain. Contoh produknya adalah seperti makanan ringan (snack), nasi goreng, pulpen, buku, dan sebagainya. Sifat-sifat pasar monopolistik :

ü Untuk unggul diperlukan keunggulan bersaing yang berbeda

ü Mirip dengan pasar persaingan sempurna

ü Brand yang menjadi ciri khas produk berbeda-beda

ü Produsen atau penjual hanya memiliki sedikit kekuatan merubah harga

ü Relatif mudah keluar masuk pasar

b) Pasar Oligopoli

Pasar oligopoli adalah suatu bentuk persaingan pasar yang didominasi oleh beberapa produsen atau penjual dalam satu wilayah area. Contoh industri yang termasuk oligopoli adalah industri semen di Indonesia, industri mobil di Amerika Serikat, dan sebagainya. Sifat-sifat pasar oligopoli :

ü Harga produk yang dijual relatif sama

ü Pembedaan produk yang unggul merupakan kunci sukses

ü Sulit masuk ke pasar karena butuh sumber daya yang besar

ü Perubahan harga akan diikuti perusahaan lain

Dalam pasar oligopoli, setiap perusahaan memposisikan dirinya sebagai bagian yang terikat dengan permainan pasar, di mana keuntungan yang mereka dapatkan tergantung dari tindak-tanduk pesaing mereka. Sehingga semua usaha promosi, iklan, pengenalan produk baru, perubahan harga, dan sebagainya dilakukan dengan tujuan untuk menjauhkan konsumen dari pesaing mereka.

Praktek oligopoli umumnya dilakukan sebagai salah satu upaya untuk menahan perusahaan-perusahaan potensial untuk masuk kedalam pasar, dan juga perusahaan-perusahaan melakukan oligopoli sebagai salah satu usaha untuk menikmati laba normal di bawah tingkat maksimum dengan menetapkan harga jual terbatas, sehingga menyebabkan kompetisi harga diantara pelaku usaha yang melakukan praktek oligopoli menjadi tidak ada.

Struktur pasar oligopoli umumnya terbentuk pada industri-industri yang memiliki capital intensive yang tinggi, seperti, industri semen, industri mobil, dan industri kertas.

Dalam Undang-undang No. 5 Tahun 1999, oligopoli dikelompokkan ke dalam kategori perjanjian yang dilarang, padahal umumnya oligopoli terjadi melalui keterkaitan reaksi, khususnya pada barang-barang yang bersifat homogen atau identik dengan kartel, sehingga ketentuan yang mengatur mengenai oligopoli ini sebagiknya digabung dengan ketentuan yang mengatur mengenai kartel

c) Pasar Monopoli

Pasar monopoli akan terjadi jika di dalam pasar konsumen hanya terdiri dari satu produsen atau penjual. Contohnya seperti microsoft windows, perusahaan listrik negara (pln), perusahaan kereta api (perumka), dan lain sebagainya. Sifat-sifat pasar monopoli :

ü Hanya terdapat satu penjual atau produsen

ü Harga dan jumlah kuantitas produk yang ditawarkan dikuasai oleh perusahaan monopoli

ü Umumnya monopoli dijalankan oleh pemerintah untuk kepentingan hajat hidup orang banyak

ü Sangat sulit untuk masuk ke pasar karena peraturan undang-undang maupun butuh sumber daya yang sulit didapat

ü Hanya ada satu jenis produk tanpa adanya alternatif pilihan

ü Tidak butuh strategi dan promosi untuk sukses

Tambahan :

ü Monopsoni adalah kebalikan dari monopoli, yaitu di mana hanya terdapat satu pembeli saja yang membeli produk yang dihasilkan.

ü Monopoli adalah sesuatu yang dilarang di Republik Indonesia yang diperkuat dengan undang-undang anti monopoli.

komunikasi pertanian


KOMUNIKASI PERTANIAN

a. Mengapa perlu pembahasan tersendiri dalam disiplin “komunikasi Pertanian”?

b. Apa pentingnya mempelajari “komunikasi Pertanian” dalam kaitanya dengan sejarah rencana pembagunan?

c. Dimana letak perbedaan dan kesamaan antara komunikasi pertanian dan penyuluha pertanian?

d. Dimana letak pentingnya komunikasi pertanian bagi petani kecil?

e. Jelaskan istilah dibawah ini secara singkat tetapi benar

Komunikasi

Komunikasi pertanian

Senjang informasi

Petani kecil

JAWAB

a. Memang pada dasarnya yang namanya komunikasi sama saja tetapi akan berbeda-beda dalam pembahasannya. Oleh karena itu perlu ada disiplin komuikasi yang lebih khusus dibidang pertanian agar dalam melakukan hubungan komunikasi pertanian ada suatu gambarean da labih efektif.

b. Sebagai alat pembading program-program yang akan dijalakan pada masa yang akan datang sehingga memiliki program yang dapat diadalkan.

c. Komunikasi pertanian ialah suatu proses penyampaian informasi dibidang pertanian. Penyuluh pertanian proses penyampaian informasi dibidang pertanian agar hasil pertanian meningkat ari tahun ke tahun.

d. Pesan yang disampaikan dapat diserap yang selajutnya diterapka oleh mereka untuk mensejahterakan hidupnya dan ligkungannya.

e. Komunikasi : suatu hubungan dua orang atau lebih yang bersifat umum denga menggunakan lamnang-lambang yang berarti dan saling dimengerti baik verbal maupun noverbal.

Komunikasi Pertanian : suatu pernyataan antar manusia yag berkaita de4ngan kegiatan dibidang pertanian, biak secara perorangan maupun secara berkelompok yang sifatnya umum dengan menggunakan lambang-labang tertetu.

Senjang informasi : adanya perbedaan yang prisipiil antara komunikasi pertanian dan penyuluh pertania dalam masyarakat yang moderen dan komunikasi yang berisikan informasi pertania s\udah dianggap suatu komoditi yang diperlukan masyarakat.

Petani kecil : petani yang berpendapatan rendah ( beras perkapita / tahu < style=""> Jawa, <>

BAB II

KOMUNIKASI PERTANIAN: KOMUNIKATOR, KOMUNIKAN, DAN PESAN

a. Jelaskan istilah dibawah ini secara singkat dan benar.

Komunikasi pertanian

Komunikator

Komunikan

pesan

b. Agar komunikasi pertanian dapat dilaksanakan dengan baik, maka diperlukan persyaratan tertentu bagi komuikator. Jelaskan secara singkat dan benar.

c. Identifikasi daripada komunikan adalah peting agar pesan yang diterima dapat dimanfaatkan dengan baik. Jelaskan.

d. Apa pentingnya pesan bagi komunikasi pertaian? Jelaskan dan beri contoh-contohnya!

e. Jelaskan hubungan anatara komunkator, komunikan, dan pesan!

JAWAB

a. - Komunikasi Pertanian : suatu pernyataan antar manusia yag berkaitan dengan kegiatan dibidang pertanian, biak secara perorangan maupun secara berkelompok yang sifatnya umum dengan menggunakan lambang-labang tertetu.

- Komunikator : orang atau petugas yang tugasnya menyampaikan informasi

Komunikan : orang yag menerima informasi atau pesan yang disampaikan oleh komunikator.

Pesan : sumua informasi yang berkaitan dengan bidang pertania.

b. – penampilan dalam melakukan komuikasi pertanian.

Seorang komunkatir harus berpenampilan yang rapih, bersih dan serasi agar komunikan berkesan menarik.

- Penguasaan masalah

Seorang komunikan harus meyiapkan materi untuk disampaikan kepada komunikan lebihbaik lagi kalau menyiapkan materi yang disukai oleh komuikan.

- penguasaan bahasa

Komunkator harus faham betul bagaimana logat, gaya bahsa, dan bahasa yang tabu agar komunikan merasa nyaman.

c. apabila komunikator tidak atau kurang mengenal komunikan akan timbul berbagi kendala apakah itu miss komunikasi ataupun penolakan secara kasar oleh komunikan kareana itu pengidentifikasian komunikan harus diutamakan agar apa yang komuikator sampaikan dapat dilaksanakan oleh komunikan.

d. dalam konsep penyuluhan pertanian fungsi pesan bukan saja merupakan system pedidikan yang bertujuan untuk meningkatkan produksi pertanian, tetapi juga untuk mesejahtrakan petai dan keluarganya atau petani da masyarakat disekelilingnya. Oleh karenaitu, isi pesan dalam komunikasi pertanian dapat berupa informasi tentang:

- bagaimana meningkatkan produksi pertania.

- bagiamana memelihara lahan agar kondisi lahan tetap subur dan terhidar dari bahaya erosi.

- bagiman perlakuan pasca panen yang baik.

- bagiamana meningkatkan pendapatan rumahtangga tani.

e. dalam komunikasi komunikan, komunikator , dan pesan tidak dapat berdiri sendiri-sendiri, karena komunikator yang memberikan pesan kepada komunikan. Oleh karena itu apa bila salah satu unsur hilanag maka tidak terjadi komunikasi.

BAB III

PROSES KOMUNIKASI PERTANIAN

  1. Jelaskan arti beberapa tanda atau lambang – lambang yang biasanya dipakai dalam komunikasi pertaian!, berikan contoh-contohnya!
  2. Jelaskan persamaan dan perbedaan antara komunikasi antar perorangan dan kelompok?
  3. Apa pentingnya media elektronik dan media cetak dalam peroses komunikasi pertanian?
  4. Umpan balik dari suatu komunkasi. Mengapa fakyor umpan balik darisuatu proses komunikasi dianggap penting?, umpan balik sngat tergantung dari peran komunikator, komunikan, da pesan, jelaskan!.
  5. Dimana letak esensi proses pengambilan keputusan dalam proses adopsi inovasi ?
  6. Alih technologi dalam unit terkecil dipedesaan. Apa yang dimaksud dengan proses alih tekhnologi berdasarkan pendekatan kelembagaan?. Aloih tekhnologi berdasarka pendekataan “proses”
  7. Belajar pada petani lain. Megapa belajar dari petani lai dianggap perlu? Diman alatak efektivitas program pada petani lain yang selama ini dilaksanakan pemerintah? Berikan contoh konkrit program seperti ini!
  8. Penyelenggaraan perlombaan. Mengapa program seperti ini dianggap penting? Dimana letak efektivitas program ini? Berikan contoh konkrit program seperti ini!

JAWAB

  1. secara garis besar pesan dalam komuikasi dapat berupa suara (audio/verbal), on verbal ( tulisan, gerak tubuh, tindakan, dan lainya yag buka berupa suara ). Contohya suara bahasa, suara ketongan, sandi morse, da suara-suara yang dipahami bersama sebagi sandi. Non verbal menggelengkan kepla, tulisan lambang asap, sandi semapur
  2. Pada prinsosipnya sama antara komunikasi antarperorangan dan komunikasi kelompok yaitu menyampika pesan yang membedaka hanyalah jumlah yag terlibat dalam komunikasidimana komunikasi perorangan jumlahnya kurang dari tiga orang sedang kan komuikasi kelompok trdiri empat orang sampai seratus orang.
  3. Tekhnologi komuikasi moderen (media elektronik dan cetak) menawarkan bebverapa kelebihan untuk mengatasi hambatan transfer informasi hal tersebut menjadi sebuah kebutuhan untuk memperluas dan mencapai audience.
  4. Dalm suatu komunikasi pertanian tujuan akhir yaitu pean tersampikan kepada komunikan (petani) dengan umpan balik bisa sebagi untuk melakukan evaluasi apakah pesan sudah tersampaika atau difahami atau belum. Hal itu tetusaja tergantung bagaimana komunikatornya apakah meyampika dengan menarik dan tampilaanya menarijuga, pesa yang disampikan menarik dan kulitas atau kemampua komunikannya bagimana.
  5. Pada tahapan kesadaran, disinilah terjadi awal dari trasformasi ide baru dalam proses adovsi inovasi, sehgingga tahapan ini aka melahirkan suatu perubahan baik dalam sikap mental maupun perbuatan atau kegiatan yang dilakukan.
  6. Pendekatan berdasarkan kelembagaan dalam proses adopsi inovasi adalah melalui lembaga yang disebut balai penyuluhan pertanian (BPP). Di BPP ada sejumlah penyuluh , mereka merencankan dan membuat program peyuluhan, kemudian dituangka didalam peraktek, misalnya melalui Demostrasi Plot (Demoplot), demonstrasi Farm (demofarm), Demostrasi area (Demoarea), atau dengan cara lain. Selajutya oleh PPL dan pembantu-pembantuya ditingkat desa, yaitu para kelompok tai maka informasi tersebut diteruskan ke para petai apkah melalui cara kunjumnga, rapat atau lainya.
  7. Karena lebih berhasil dibandingkan metoda lainnya karea lapangan pekerjaan sama, hubungan lebih akrab,komuikasi lebih lancar. Dan juga leih efisie dan efektif. Contoh nya temukarya, peka daerah, dan pekan nasioal
  8. Pada tabiatnya mausia memiliki sifat bersaing oleh karena itu dalam upaya meingkatkan kesejahteraan petai naluri tersebut sebagi ladasdan untuk meningkatkan kesejahteraannya dengan perlombaan agar mampu meningkatkan usaha tani dan kesejahteraan keluarganya. Contohnya perlombaan untuk tani dewasa, perlombaan untuk taruna tani, dan perlombaan untuk wanita tani.

BAB IV

PEROSES ADOPSI INOVASI DALAM BIDANG PERTANIAN

  1. Jelasakan pengertian tentang adovsi inovasi! Berikan contoh-contoh peraktis yang sering anda jumpai dalam masyarakat tani indonesia.
  2. Identitas diri sendiri dan persepsi situasi yang di miliki terhadap adopsi inovasi adalah penting untuk diketahui untuk mengukur “ kecepatan adopsi Inovasi” jelaskan !
  3. Jelaska urutan-urutan dalam proses adopsi inovasi!
  4. Jelaskan bebereaspa factor yang mempengaruhi proses adopsi inovasi !
  5. Mengapa interaksi individual sangat mempengaruhi proses adopsi inovasi?

JAWAB

  1. Adovsi inovasi :menurut beberapa ahli yaitu

Rogers and Shomaker--à”inovasi” : ide-ide baru, praktek-praktek baru, atau obyek-obyek yang dapat dirasakan sebagai sesuatu yang baru oleh individu atau masyarakat tani sasaran

Lionberger-à “hal yang baru”-àsesuatu yang dinilai baru atau dapat mendorong terjadinya pembaharuan dalam masyarakat

Mosher---àadoption” of an innovation is the process by which a particular farmer is exposed to, considers, and finally rejects or practices a particular innovation.

Rogers-àtraditionally, “the process of adoption”, in connection with agricultural extension, usually comprises five successive or stages, awareness, interest, evaluation, first trial, and either repeated use or rejection.

Adovsi inovasi bibit padi unggul

  1. Adopter yang memiliki persepsi terhadap inovasi baru positif akan lebih cepat untuk menerima inovasi tersebut dan juga keberaia diri untuk meerima resiko yang akan muncul dikemudian.
  2. Awareness/kesdaran: sasaran mulai sadar tentang inovasi yang ditawarkan oleh penyuluh

Interest/tumbuhnya minat: keinginan untuk mengatahui lebih jauh sesuatu yang berkaitan dengan inovasi yang ditawarkan

Evaluation/evaluasi: penilaian terhadap baik/buruk ataumanfaat inovasi yeng telah diketahui informasinya secara lebih lengkap

Trial/mencoba: melakukan percobaan dalam skala kecil untuk lebih meyakinkan penilaiannya

Adoption/adopsi: menerima/menerapkan dengan penuh keyakinan berdasarkan penilaian dan uji coba yang telah dilakukan dan diamatinya sendiri

  1. Sifat inovasi (keuntungan relatif, kompabilitas, kompleksitas, triabilitas, observabilitas)

Jenis keputusan inovasi (kolektif, optional, otoritas)

Saluran komunikasi (media massa, interpersonal)

Sifat-sifat sistim sosial (modern/tradisional, pola komunikasi)

Pelayanan penyuluhan

BAB V

PEROSES DIFUSI INOVASI DALAM BIDANG PERTANIAN

a. Apa yang dimaksud dengan istilah di bawah ini:

Difusi inovasi

Adovsi inovasi

Jelaskan persamaan dan perbedaan yang disertai contoh-contohnya

b. Jelaskan kaitan antara proses difusi inovasi dengan komunikasi pertanian!

c. Mengapa variable “waktu” merupakan variable penting yang membedakan difusi inovasi dan komunikasi ?

d. Anggota keluarga merupakan factor penting dalam proses difusi inovasi. Jelaskan !

e. Factor-faktor apakah yang mempegaruhi proses difusi inovasi ?

f. Buatlah (dan jelaskan) kerangka sitematis suatu proses difusi inovasi yang diawali seseorang mendengar sampai pada ia melakukan adopsi inovasi!

JAWAB

  1. Difusi inovasi : suatu proses dimana suatu ide-ide baru disebarkan pada individu atau kelompok dalam suatu sistem sosisa tertentu.

Adovsi inovasi :suatu proses penerimaan atau pemakain suatu ide yang baru

Persamaan keduanya ialah proses penerimaan suatu ide yang baru (Inovasi)

  1. dari penertian difusi Inovasi sendiri dapat ditarik kesimpula bahwa difusi sangat berkaitan karena dalam komunikasi pertanian akan melakukan difusi inovasi tentu saja inovasi dibidang pertaian.
  2. Karena adopsi inovasi adalah proses mental dalam diri seseorang melalui pertamakal mendengar tentang suatu inovasi sampai akhirnya maengadofsi. Dimana waktu mereka mendengar sampai menerima memerlukan komunikasi yang sangat panjang.
  3. Anggota keluarga sering dijadikan sebagi bahan pertimbangan dalam pengambila keputusan untuk menerima suatu inovasi.
  4. Faktor sosial ( keluarga, tetangga, klik sosial, klompok referensi, klompok formal, status sosial), faktor kebudayaan, faktor persoal (umur, pendidikan, dan karakteristik psikologi), dan faktor situasioal ( pendapatan usaha tani, ukuran usaha tani, status pemilikan tanah, prestise mayarakat, sumber informasi, dan jenis inovasi).

Inovasi diperoleh dari smber inovasi / penemu inovasi kemudian diadopsi oleh penerima awal yang kemudian diikuti oleh yang lainnya

memori lagi intra di dago yayasan alfalah


nyebelin orang-orangnya penuh dengan kepalsuan dan chauvinisme